Frequently Asked Questions

Tidak ada batasan course yang diusulkan tetapi diusahakan course yang diusulkan sesuai dengan keahlian/unggulan dan kemampuan dari perguruan tinggi masing-masing.

Dengan pertimbangan SDM, Sarpras, dan program pendukung lain, perguruan tinggi dengan student body dibawah 1000 tidak diizinkan mengikuti KMMI.

Perguruan tinggi vokasi/politeknik tidak bisa mengikuti Program KMMI, KMMI diperuntukkan perguruan tinggi akademik jenjang Sarjana Strata 1 (S1)

Untuk waktu dan sks sesuai dengan panduan yaitu minimal pelaksanaan setara dengan 3 sks pembelajaran (untuk setiap pertemuan); minimal dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan.

Tidak ada persyaratan akreditasi tertentu, yang diatur adalah student body minimal 1000 mahasiswa.

TIdak ada ketentuan untuk persentase, pertimbangan sinkron dan asinkron ditentukan oleh karakteristik dan muatan course/materi yang ditawarkan

Kebijakan ini menyesuaikan implementasi MBKM di program studi atau perguruan tinggi masing-masing dan perguruan tinggi pelaksana KMMI sesuai karakteristik dan kompetensi yang ingin dicapai.

Mahasiswa dari perguruan tinggi yang jumlah student body dibawah 1000, tetap bisa mengikuti KMMI dari perguruan tinggi pelaksana KMMI

Mitra yang memiliki kredibilitas, memiliki keunggulan, dan membutuhkan perguruan tinggi untuk mendapatkan tenaga kerja kompeten sesuai yang dibutuhkan oleh industri.

Pastikan data Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan yang dilaporkan di PD-Dikti

Segera hubungi operator PD-Dikti masing-masing perguruan tinggi untuk memastikan data NIM dan NIK benar.

Silahkan langsung login di portal mahasiswa, gunakan email dan password yang digunakan saat mendaftar.

Silahkan login di portal mahasiswa, gunakan email dan password yang digunakan saat mendaftar dan gunakan fitur verifikasi email.

dapat diakses di portal mahasiswa di laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/

Pastikan penulisan NIM sesuai dengan yang terdaftar di PD-Dikti, tanpa tanda titik (.) atau garis miring (/)

Bisa langsung login ke portal mahasiswa dengan email dan password yang sudah dibuat. Pastikan informasi pada dashboard sudah aktif.

Bisa langsung login ke portal mahasiswa dengan email dan password yang sudah dibuat untuk update profil/nomor telepon/Whatsapp

Langsung login ke portal mahasiswa pada laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/ dan lihat informasi yang disampaikan. Pastikan selalu pantau perkembangan informasi pada akun masing-masing.

Bisa segera menghubungi operator PD-Dikti di masing-masing perguruan tinggi untuk segera diperbaiki

Tidak bisa, program ini khusus untuk program Sarjana (S1) dibawah koordinasi Kemdikbudristek.

Sebelum memilih course pastikan baca dengan detail informasi yang telah disampaikan, Jika ingin membatalkan harus menghubungi operator/penanggungjawab/penyelenggara course tersebut

Tidak perlu, langsung mendaftar melalui portal mahasiswa di laman: https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/ kemudian baca informasi yang disampaikan oleh penyelenggara course.

Masing-masing perguruan tinggi/penyelengga course telah menyediakan Learning Manajemen System (LMS) resmi perguruan tinggi untuk pembelajaran.

Materi dan detail pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah diunggah penyelenggara course.

Waktu pelaksanaan diserahkan dan diatur sepenuhnya oleh penyelenggara course dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Lihat juga tanggal pelaksanaan sebelum mendaftar.

Konversi ke mata kuliah menjadi sebuah pilihan atau rekomendasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi asal.

Masing-masing course telah terdapat informasi quota, dan ketentuan diterima atau ditolak adalah hak sepenuhnya dari penyelenggara course. Baca syarat dan ketentuan yang dalam RPS course.

Ada kemungkinan diterima/ditolak, Kewenangan untuk menerima dan menolak menjadi hak sepenuhnya dari penyelenggara course dengan syarat dan ketentuan yang telah disampaikan pada RPS.

Mahasiswa hanya berhak mengikuti 1 course dari program KMMI ini.

Tidak bisa, Mohon dapat mengikuti salah dengan penuh tanggung jawab. Berikan kesempatan kepada mahasiswa lain untuk bisa ikut berpartisipasi.

Gunakan Fitur "Sinkronkan Data" pada menu Informasi Mahasiswa di Portal KMMI Mahasiswa atau segera hubungi operator PD-Dikti di perguruan tinggi untuk sinkronisasi update data.

Pengelola course telah mengunggah Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Baca informasi detail yang diunggah oleh pengeola pada dokumen RPS.

Syarat dan ketentuan berbeda dan sudah terdapat dari masing-masing course. Baca lebih detail pada RPS yang sudah diunggah pengelola course.

Tidak, Saudara tetap bisa mengikuti perkuliahan seperti biasa. Atur waktu dan ukur kemampuan. Perhatikan tanggal pelaksanaan dan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan (Baca RPS)

Pastikan program studi sudah terdaftar di PD-Dikti, hubungi operator PD-DIkti di masing-masing perguruan tinggi untuk memastikan pelaporan data sudah update.

Pelaksanaan course sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengelola course. Setelah Saudara mendaftar, hubungi contact person pengelola course yang tertera pada sistem

Mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dan keterangan nilai yang dapat dikonversikan ke sks sesuai aturan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Konversi sks berisfat rekomendasi.

Pastikan email yang digunakan untuk mendaftar atau login tidak salah tulis, untuk memastikan sudah terdaftar gunakan fitur reset password untuk memperoleh password baru.

Program KMMI memberikan bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya praktikum, dan/atau uang saku untuk mahasiswa dalam mengikuti course sebsar Rp. 400.000,-

Jika quota penuh maka tombol "daftar' otomatif akan inaktif. Silahkan mendaftar di course lain.

Pendaftaran mahasiswa terpusat di portal mahasiswa web KMMI. Kecuali setelah diterima, dihubungi oleh perguruan tinggi/pengelola course dengan akun resmi. Dipersilahkan.

Persyaratan tersebut ada pada masing-masing course yang sudah disampaikan dalam RPS. Pelajari detail informasi pada RPS.

Segera hubungi penanggungjawab/pengelola course di nomor yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tidak boleh, nomor rekening harus atas nama peserta course. Segera buat rekening baru sesuai dengan rekomendasi pengelola course.

Boleh silahkan mengikuti dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Dapat segera menghubungi pengelola/penanggungjawab course yang sudah tersedia di dashboard akun masing-masing dan akun Bank harus atas nama mahasiswa yang bersangkutan.

Ya betul, Program KMMI ini pembelajaran dengan kombinasi dari praktisi dan akademisi dalam penyampaian materi teori dan/atau praktik sesuai materi di RPS.

Segera login kembali dan klik menu untuk kirim kode verifikasi akun kembali.

Email yang digunakan untuk mendaftar belum terdaftar di sistem. Segera lakukan registrasi ulang.

Segera hubungi penanggungjawab/pengelola course melalui nomor telp atau email yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Baca informasi di FAQ & PENGUMUMAN dengan cermat, Jika berbeda kasus segera menghubungi melalui email kmmi.dikti@kemdikbud.go.id sesuai format di PENGUMUMAN.